ucapan

Selamat Datang di Blog Aprisa Ayu. Terimakasih Telah Membaca. Saranghaeyoooo... (^_*)

Saturday, June 30, 2012

Mendadak Guide Jogja-Solo


SMS bikin GaLau
Siang2 seperti biasa gue lagi nikmatin drakor kesayangan, tiba-tiba ada sms masuk dari murobiah SMA dulu. Bikin keki end jedhuk2 gaje. Begini kira2 smsnya:
“Dek Ayu, udah lulus belum? Udah siap nikah? Bales ya, mbak serius nie.” Nggak tau kenapa baca sms ntu mendadak bikin gue adem panas. Heu..
Trus gue bales, “Hehe, belum mbak. Belum siap.”
Mbak Tika sms lagi, “Oh, dek Ayu belum mau nikah ya?” (Eh, bukan itu maksudnya mbaaaaaaakkk…)
Jadi terpaksa, “Belum, mbak.”
“Masih pengen main, jalan2, n seneng2 ya? Ok deh, makasih dek.” (Maybe yes, maybe no)
“Hehe…” รง ini bukan jawaban sebenarnya!
Gue yang sebenarnya masih dalam kebimbangan n nggak mungkin gue jelentrehin di sms. Trus, gara2 sms itu gue jadi pengen ikut Liqo’ lagi. Bukan, bukan karena biar siap nikah. Gue ngrasa udah saatnya gue serius menatap masa depan (cieee…).

Jadi Guide Dadakan
Selasa siang gue di telpon sama bulik suruh jemput dia di Jogja besoknya. Gue sih asyik2 ajah, kebetulan lagi kagak ada kegiatan. Eh, belum ada setengah jam dia telpon lagi katanya gue disuruh kesananya sekarang. Rame2 nginep di hotel. Kebetulan mbak Tathit (kakak gue paling tua) sama Nayla (ponakan gue, anaknya kakak gue paling tua) juga nginep disana. Wahh, bakal penuh tuh kamar. Akhirnya setelah diskusi sama Emes, gue setuju. Sebelum berangkat persiapan gue ribet banget. Gue nyuci baju segunung dulu. Nyiapin barang2 penting yg gak boleh ketinggalan. Ada earphone, buku bacaan, sama botol minum. Emes nyuruh gue suruh bawa cemilan, tapi gue tolak coz gue nggak mau bawa yg berat2. Trus, gue ke stasiun dianter sama Ebes.

Rencana awal gue mau naek kereta Pramex, tapi yg jam 4 nggak ada. Adanya ntar jam setengah enam. Akhirnya gue naek Madiun Jaya. Lumayan penuh, gue aja berdiri. Heu… T.T Untung gue udah bawa persiapannya. Pake earphone, baca buku, berdiri dipinggir pintu. Whahaha, serasa dunia milik gue ndiri. Nyuekin orang2 yang ngliatin gue. Nyuekin troly makanan yang nglewatin gue. Padahal gue lagi laper2nya tuh. Cuma bisa nglirik doank. Ckck, kasian..

Nyampe di Tugu sekitar jam setengah 6an. Gue belum tau hotelnya dimana, saran dari mbak Tathit nyuruh gue naek becak. Ahh, menurut gue itu pemborosan. Mending gue jalan ajah, menyelusuri jalan Malioboro di sore hari yang nice banget deh pokoknya. Keluar dari Tugu, gue ditawarin abang2 becak, taksi, andong, dan ojek. Gue tolak dengan sangat halus, “Jalan kaki ajah. Ngirit!”
Sekitar seperempat jam gue udah nyampe di hotel Jentra, Dagen, Malioboro. Dateng2 trus makan. Hahaha..

Ini kalajengking kesasar di Malioboro, gak bisa pulang malah dirubung orang2 lewat. haha..

Malemnya gue keluar sama Ardi, sodara sepupu gue. Menikmati jalan Malioboro lagi. Adem bener hawanya. Kita muter2 nggak tau mau nyari apaan. Pokoknya jalan ajah. Eh, dari jauh ada rame2, kita deketin ternyata pengamen jalanan. Maen musiknya pake alat tradisional. Keren. Sekitar jam 10an gue balik lagi ke hotel, sebelumnya kita mampir dulu beli makan. So sweet pokoknya. Hampir jam 12an gue sama Ardi nggak bisa2 tidur, di kamar ada yang lagi lomba. Mana nggak elegan banget lombanya. Sahut menyahut, mana yg paling keras n merdu suaranya. Nggak elegan deh, suerr. Meskipun ngorok itu kenikmatan tidur, tetep aja nggak elegan banget bagi gue.Paginya gue sarapan di hotel. Siang kita check-out trus pulang Solo

Esoknya, hari Kamis kita jalan lagi ke Kraton Kasunanan Surakarta. Sebenarnya rencana kita (gue sama Ardi) pengen ke Sangiran dulu, tapi karena emak2 (Emes n Bulik gue) pada ngikut jadi rencana kita bubrah dehh. Okeyh, gue siap jadi guide hari ini. Gue jelasin apa2 yg boleh n nggak boleh dilakuin di Kraton. Merek cuma manggut2, ntah ngerti ato kagak. Sebenernya gue rada males ke Kraton, gimana2 gitu. Serem iya, takut juga, bikin gelisah tak menentu gitu deh. Gue bukan tipe orang yg mau ribet mikirin hal2 mistis. Akhirnya kita masuk, bayar dulu tiketnya Rp 10.000,00/orang. Seperti turis kebanyakan, kita jeprat jepret gaje dengan berbagai gaya dan artistik (helehh..). Kemudian pindah ke museumnya. Gilaaa, benda2nya udah tua2. Ada yang udah 200an tahun, 400an tahun juga ada. Makanya mereka ngasih sesaji dideketnya situ. Katanya biar kagak ada kejadian2 aneh gitu.

Keluar dari Kraton, kita jalan lagi ke Kampung Batik Kauman dan gue nggak gitu respek. Gue nggak suka belanjaaaaa.. Jadi, gue cuma nemenin emak2 belanja aja. Nungguin di depan toko sama Ardi, kayak anak ilang gitu deh. Habis dari Kauman, emak2 kita usir pulang. Gue sama Ardi jalan sendiri kemana2. Hahaha..

Jumat jadwalnya ke Sangiran. Berangkat jam sepuluh, gue sama Ardi naik angkot trus naik bis terakhir ngojek dehh. Gilaaaa… ternyata naik angkot itu bener2 boros, berdua aja ngabisin hampir 80rebu. Itu baru transportnya, belum makannya, oleh2nya. Bener2 bikin diare. T.T Ya udahlah, kita nikmati aja kesempatan itu. Langka. Jalan2 ke pelosok. Sangiran, Kalijambe, Sragen. Tapi, untungnya tiket masuk cuma 3rebu /orang. Hehe..

Pulang, nyampe rumah liat episode terakhir “The Moon embracing The Sun” sambil istirohat nguap2 gaje. Kaki pegel, mata pegel, dompet pegel, cuma perut aja yg nggak pegel coz dapat traktiran mie ayam dari Ardi. Hahaha, thanks my cousin.



Intinya: Bener2 sibuk banget kalau ada sodara kesini. Nganter kesana kemari membawa alamat (eh!). Cape sih, but gue juga ikut seneng. Lagian kapan lagi gue bisa seneng2 kayak gini. Tinggal besok nganter mereka ke Bandara, trus jemput kakak di hari Seninnya. Wahh, jadi guide dadakan itu bener2 luar biasaaa… ^0^





No comments:

Post a Comment

Ehm, komentarnya yg bijak yaa.. ^_^