ucapan

Selamat Datang di Blog Aprisa Ayu. Terimakasih Telah Membaca. Saranghaeyoooo... (^_*)

Monday, November 12, 2012

4 Hari Tanpa Emes Dirumah

Bisa ngebayangin gak gimana repotnya rumah tanpa Emes? Engg,, gak,, gak usah dibayangin, gue jawab aja. Repooooottt sangaaatt,,, T_T Apalagi gue notabene bukan anak rumahan. Gue lebih suka kegiatan diluar rumah daripada di dalam rumah. Gimana gak? Profesi gue kan tentor privat sekaligus pengacara kalem (PENGangguran bAnyak aCARA KAleh LEMburan). Selain itu, gue suka dateng ke acara seminar, talkshow, workshop, 'en semacamnya dehh,, apalagi yang gratisan. Hahahhaa... Kadang gue juga ngurusi acara kayak gituan. Bahkan kadang, gue numpang tidur aja dirumah ato kosnya temen, gara2 kipas angin gue russsaakk. Yahh,, intinya gue suka wara wiri sana sini dehh. :D

Jadi ceritanya, Emes gue ke Jakarta naik kereta api ekonomi yang tiketnya kudu pesen dulu sebulan sebelum hari-H pake potokopi KTP dan harganya murah beneeerrr itu. Gak emes doank sih,, ada kakak laki gue sama anak istrinya, trus kakak perempuan gue juga sama anaknya. Ebes kagak ikut karena beliau harus jagain gue sama kakak gue. Bukan,, bukan babysitter, tapi semacam bodyguard-lah, hahaha.. Karena kalau gue dibiarin sendirian dirumah sama kakak gue,, panci, wajan, piring, gelas, dan alat2 dapur lainnya gak bakalan kotor alias gue pasti milih jajan diluarr. Hahaha.. :P Rumah juga gak bakalan rapih, warung gue bakalan kosong (ora kulakan sih), dan rumah bakalan tutupan terus karena gue ngluyur kemana2. Hahahaa..


Hari pertama Emes ke Jakarta. Ehm, lebih tepatnya malam pertama sih, coz mereka berangkatnya sore. Nah ini,, entah sengaja ato emang sengaja banget Emes gak ninggalin secuil pun lauk buat kita makan malam. Perasaan paginya itu Emes sibuk bener di dapur. Gue juga lihat beliau masak macem-macem. Tapi kemanaaa masakannya ituuuu...?? Malemnya gue pulang dari ngajar, ngubek-ubek lemari dapur. Yuhhh,, gak ada sisanya sama sekali. Gue telpon Emes, beliau jawab, "Lha, kan masak buat sangu, nduk!" Gue lemes. Bener2 dehh nie emak yg satu ini. Bener2 tega. Dia bawa semua lauknya. Tau gitu tadi gue beli aja diluar. Yaudah dehh,, first night without Emes, kita maem mie ebuss. :(

Paginya, gue masak nasi goreng. Kalo ini gue paling jago. Gak ada yg bisa ngalahin nasi goreng pedes asin semrawut gue. Gue liat Ebes dan kakak gue lahap kog maemnya. Gak ada yg protes. Tapi, gak tau juga sih dalam hatinya. :P Siangnya gue masakin sayur soup kol sama tahu goreng. Ini masih aman karena Emes juga sering masak kayak gini meskipun rasanya beda. Nah, berhubung gue sore sampe malem ngajar, habis maem siang gue masak lagi. Bikin omelet mie telor gosongsanasini. Sayurnya sama kayak yang tadi. Ehmm, ini juga aman. Gak ada protess dari merekaa. Gue seneng dehh. :D

Sabtu. Malem sebelumnya gue udah planing mau masak apa. Pagi-pagi gue masak bihun goreng sama perkedel tahu. Yahh,, menunya simpel banget. Masalahnya pagi itu gue bener2 ribet. Gue mesti kepasar, trus ada panggilan darurat dari bimbel, juga ada seminar Creative Writing jam 8, udah janjian lagi. Fiuhh,, serba terburuburu pokoknya. Siangnya, dapet kiriman kangkung dari bakul sayur langganan. Padahal gue aja lupa. Yaudah gue masak. Hasilnya luar binasaaa,,, asinnya gak ketulung. Mana kematengan lagi. T_T Untung aja, mendoan goreng gue gak ada rasanya. #makinparahkuin Jadi, imbanglah. Gue pikir gitu. Lagian mereka juga gak protes kog. Aman lagi. Dan makan malam juga dengan menu yg sama. :)

Minggu. Harusnya gue jagong ke tempat sohib dekat gue di Wonogiri, tapi apa daya, gue gak bisa ninggalin rumah dengan segala keruwetannya. Belon lagi gantiin Emes jagong. Ada 4 acara kondangan bhokk. Paginya gue nganter temen2 yg mau jagong ke WNG dulu sekalian nitip kado. Karena gue yg pegang PJ komunikasinya, jadi kalo ada apa2 ngesemesnya ke gue gitu. Ehh, janjian jam 7 ngumpul di Joglosemar, pada datangnya jam 8. Ada yg nunggu di pasar kliwon sampe sejaman lebih lagi. Haha, makin ruwet aja. Kelar ngurus perjalanan itu, gue langsung kepasar. Ceritanya mau beli lauk doank sama belanja buat warung, karena gue udah masak nasi pagi-pagi butanya. MashaAllaaaahh,, antrinya bejibun. Gue nyampe rumah jam setengah 9an dehh. Disambut sama wajah Ebes yg penuh dengan kerutan, "Kemana aja? Nunggu wong blonjo nganti kaliren." Hahahha,, gue lupa kalo ini hari Minggu. Otomatis warung nasinya ramelah. Tau gitu gue berangkat lebih pagi lagi. Sengaja gue beli lauknya rada banyak, biar bisa sekalian buat makan siang. Gue mau lembur ceritanya. Trus, sorenya gue masakin oseng sawi putih sama tempe goreng. Horeeyy,, kali ini masakan gue gak asin. Pas rasanya. Tapi, gue lupa kalo Ebes tuh gak suka sawi. Hehehe,, gue cuma bisa nyengir. Kalo kakak gue mah apa2 doyan dia. Maklum, makhluk spesial itu nurut aja mau dimasakin apapun, pan tinggal makan doank dia.

Senin pagi. Emes pulaaaaaaangg,, gak bawa oleh2. Cuma bawa baju2 kotor plus sebiji kaos Jakarta buat kakak gue doank. Gue gak dapet. T_T

Udah gitu ajah... :D

Jadi, kesimpulan apa yg gue dapet dari 4 Hari Tanpa Emes Dirumah?
- Gue gak boleh kluyuran seenaknya kalo gak ada Emes dirumah
- Gue kudu belajar masak lagi, minimal belajar ngira2 bumbunya dehh, biar gak keasinan ato gak ada rasa,, juga harus bener2 tau kadar apinya,, biar gak gosong ato malah gak mateng T.T
- Gue harus peka sama selera makan orang2 rumah
- Gue kudu bisa me-menej bener2 menunya,, masa' tempe tahu tempe tahu telor mulu
- Gue gak boleh tergantung sama lauk peninggalan Emes,, karena mungkin Emes sendiri lupa ninggalin buat orang rumah
- Sedia mie rebus + telor di kulkas
- INGAAAATT!! Elo calon mantuuuu...!!! Calon istriii...!!! Calon ibuu jugaa...!!! >_<
- Berdoa aja, moga kelak gak dapet mertua yg garang :P

6 comments:

  1. kaya aq nak masak ra pernah stabil rasanya klu g keasinan ya kurang asin

    ReplyDelete
  2. hehehe,,, itu namanya variasi pada masakan #ngeles :P

    ReplyDelete
  3. ga papa bro...dulu istri ane jg aktivis kampus. ga biasa masak. ane yg ajarin. skrg pinteran dia. jadi terus-terusin aja kebiasaan malas masakmu.. ;p

    Kang_Anwar

    ReplyDelete
  4. duhh, jadi malu gue >.<
    malu ame dapur n perabotnya
    malu ame Emes yg jago masak
    malu ame sayur2 yg udah ngorbanin dirinya buat gue masak,, yg rasanya ancur T_T

    tapiii,,, mending yee, ane masih mau 'sobo' dapur, krn gue tau itu jihadnya para wanita :D
    ini semakin bikin gue gregetan kang,, gue mau belajar lagi kog,:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngendhikane tiang sepuh (kata orang tua)meskipun jd orang sukses atw jd org kaya atw mjd seorang ratu atw pemimpin nomor satu di negerimu, dll yg pny bnyk asisten rumah tangga tetap saja sesekali harus memasak untuk menyiapkan makanan buat suami dan anak2nya krn mereka sesekali juga ingin merasakan masakan istri atw ibunya

      Delete

Ehm, komentarnya yg bijak yaa.. ^_^