ucapan

Selamat Datang di Blog Aprisa Ayu. Terimakasih Telah Membaca. Saranghaeyoooo... (^_*)

Sunday, June 17, 2012

Training Organisation with calon Psikolog ‘n KTDC


Gara2 semalem nie gue jadi telat bangun. Tapi emang bener kog, nulis malem2 itu nuansanya beda banget. Tenang suasananya, tenang pikirannya. Nulis jadi lancaaaaaarrr… ^^

Setelah gue selesai kegiatan rutin dirumah gue capcuss ke Cinet, Kalioso, ada training organisasi dari anak Psikologi UNS. Pesertanya khusus untuk mudamudi sana sih sebenernya, tapi berhubung yang ikut cuma sedikit mudamudi gue disuruh ikutan juga sama mbak Cmut. Tapi cuma gue sana Dinda yang bisa berangkat, coz dikampung juga lagi ada acara.

Awalnya gue kencan sama mbak Cmut dirumahnya, tapi karena gue berangkatnya mefet gue pikir gue udah telat. Jadi nggak usah kerumahnya dulu langsung ke TeKaPe aja. Jujur, gue nggak tau tempatnya. Seingat gue dulu mbak Cmut ngasih tau ancer2nya cuma deket SD dipinggir jalan, gitu doank. Secara setiap ada SD gue lirik. Meskipun kelewatan dikit tapi akhirnya ketemu juga. Horeyy, betapa canggihnya gue saat ituh (#Plakk.. Pukul pake sendal). Nggak tau tempatnya, nggak tau bentuk gedungnya, nggak tau SD apa, nggak tau jelasnya, tapi ketemu. Sekali lagi, ketemu. Aku ingat, nggak cuma hari ini instink gue kuat banget buat nyari lokasi yang belum pernah gue kunjungi sama sekali. Sekali lagi, hebat. Hahaha..

Gue masih diparkiran, gue tau didepan ruangan itu ada beberapa sosok yang menungguku dengan ekspresi kaget ‘n seneng tentunya. Mbak Cmut yang makin imut dengan jilbab unyunya, mas Wildan yang entah sengaja ato kagak pake item2 sma kayak gue, Elva, ‘n trainer dari Psikologi UNS tentunya juga mudamudi KTDC yang ada didalam.

Sudah gue tebak, gue pasti jadi bahan olokan kalo ketemu sama mas Wildan. Tuh orang kalo ketemu nggak pernah ngajak damai. Lebih tepatnya sih kita bercanda gajebo gitu deh, sama mbak Cmut juga. Hadewh, saking asyiknya becanda sama mereka gue lupa sama partner gue, si Dinda (dia anak orang Ayuuukk, bukan obat nyamuk!! Tau nggak sih?). Sii pemalu ini cuma diem aja sambil mainan ponsel. Maklumlah dia masih SMA, mungkin rada syok aja gue ajak ke tempat asing bersama orang2 asing ‘n ajaib kayak mereka.

Akhirnya acara dimulai. Sebelumnya gue absen dulu. Eh, ada nama yang tidak asing lagi bagi gue. Siapa ya? Gue inget2 lagi. Eh, ternyata dia salah satu fans gue di facebook. Hahahha, ngaco dehh. Bukan, bukan, dia tetanggane mbak Cmut dulu pernah minta nope gue tapi nggak gue kasih.

Acara dimulai dengan perkenalan dulu, trainer2nya juga peserta. Kemudian lanjut ke session pertama ada materi tentang TeamWork, trus Komunikasi, dan terakhir Solidaritas. Masing2 session ada gamenya, yang rada sebel pas game ketiga. Kelompok gue berhasil masukin pensilnya ke dalam botol, secara sekelompok gue girangnya minta ampun. Trus tiba2 trainernya bilang, “Ini baru latihan!”. What the? Kita udah berhasil lhoch. Kemudian pas game yang beneran kelompok gue kalah. Ok, anggap aja kita lagi belajar ikhlas dan sabar. Hehe.. (^_*)d

Secara keseluruhan acaranya bener2 seruu, gue dapet temen2 baru yang lucu2 (heu..). Oh, ternyata organisasi harus gitu ya? (Bukannya gue nggak tau apa2 soal organisasi, tapi selama aktif di mudamudi gue jarang dapat input yg positif kayak gitu sih. Kasian). Keren pokoknyaaaahh…

Selesai acara kita photo2 bareng, padahal pas acara berlangsung photonya udah bejibun. Pulang dari situ gue dapet apaan yah? Oiya, gue dapet snack + 2 gelas softdrink. Gue bisa ngerjain mbak Cmut ‘n mas Wild sepuasnya, dan mereka juga ngelakuin hal yg sama ke gue. Jadi, kita saling kerja mengerjai gitu dehh. Trus, gue tau sosok “fans” gue ituh (haha…). Gue punya fakta, kalo kinerja kelompok organisasi itu bukan dinilai dari kota ato desanya, tapi dari kualitas tiap personnya. Gue bener2 salut sama mereka. Kompak dan terorganisir dengan baik. Jempol sebelas dehh buat KTDC
bbbbbb(^o^)ddddddd

>>>>> Materi Singkat >>>>>
  • Team efektif: a). punya tujuan yg sama, b). antusiasme yg tinggi, c). peran dan tanggungjawab yg jelas, d). resolusi konflik, e). komunikasi yg efektif
  • Komunikasi efektif: a). sumber/komunikator, b). isi pesan, c). media/saluran, d). penerima/komunikan
  • TeamWork Solid: a). membiasakan setiap anggota team untuk berkomunikasi, b). pemberian reward sesuai kontribusi masing2, c). kerjasama team tercipta karena ada keteladanan, latihan dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

No comments:

Post a Comment

Ehm, komentarnya yg bijak yaa.. ^_^