ucapan

Selamat Datang di Blog Aprisa Ayu. Terimakasih Telah Membaca. Saranghaeyoooo... (^_*)

Wednesday, November 14, 2012

MACETisasi Lahirkan SEWOTisme


Coba bayangin! Lagi dijalan sama motor kesayangan, hujan, buru2, ehh tau2 didepan kendaraan2 pada merayap-rayap jalannya trus yg di belakang pada nyalip2 gak jelas. Ffuffufuu,, (gejala2 sewot bakal nongol nih). Ditambah suara klakson yg cettaaarr membahana. Gue tau kog,, body gue gedhe, tapi gak usah bilang menuhin jalan kali :(. Gak usah nglakson2 juga napa,, namanya juga MACETisasi, kagak bisa gerak kemana2. Mau maju menthok. Mundur juga menthok. Kalo nekat bisa dipenthok sama orang depan belakang.

Tapi,, bener2 syukur yee, gue naek motor roda dua, yg dengan seksinya bisa nyelip sana sini. Nah, begitu gue nyelip, gak sengaja gue nyenggol spion mobil orang. Ehh, dianya sewot, gue dibilang mepet2. Helloooww,, mana ada sih, macet malah jauh2an. Kesenggol mah resiko. Makanya, spionnya tuh dipasang didalam aja biar gak kesenggol orang lewat. Ckckckk... nah kan, SEWOTisme bener2 nongol ini. >.<

Herannya gue, napa Solo jadi gampang macet ginih. Jangan2 macet udah gak betah di Jakarta dengan kehidupannya yg keras. Ia milih pindah ke Solo yg orang2nya terkenal sabar, kalem, dan semboyan "alon-alon waton kelakon"nya. Hihihi..:P



Disela-sela macet, gue sempet merenung. Sebenarnya apa sih yg ngebikin Solo kota tercintakuh inih macet? Apa karena si KOmo lewat? Ehm, gue rasa enggak dehh. Kan si KOmonya juga kejebak macet tuh #nunjukhidung. Baiklahh,, gue mau share tentang penyebab macet menurut redaksi mata+pikiran gue selama kejebak macet tadi. Gak cuman pengalaman tadi aja sih, kemaren2 dulu juga.
  1. Kenyataannya, macet disebabkan karena banyak motor dan kendaraan yg berhenti di jalan. Ehm,, ini kayaknya udah pasti dehh. Kalo kendaraannya pada jalan, gak bakalanlah terjadi macet. Gak tau juga napa pada berhenti? 
  2. Banyak kendaraan yg mubadzir. Misal: mau beli kecap asin di A*famart yg jaraknya cuma 5 km aja bawa roda empat sgala. Udah bodynya gedhe, yg didalam cuma seonggok + kecap asinnya juga. Heran gue,, napa gak sekalian aja ngajakin se-erte yg sama2 pengen blanja kecap asin ato apalah. Kan lebih efisien 'en praktis. Dapet pahala lagi ngasih tumpangan. Syukur2 ditarik tuh, gopek per-orang. Kan lumayan dapet duit juga buat ganti bensin. Akhirnya, kendaraan yg gak efisien alias mubadzir ini jadi biangnya macet. Andai ada 30 mobil dengan 1 penumpang diantara 100 kendaraan lainnya, kemudian mereka berganti kendaraan (saran gue, naik sepeda onthel aja :P) bakal terjadi penurunan daya macet sebesar 30%. Nah, lumayankan. Bisa rada longgar gituh.
  3. Sekaligus ngejawab poin 1, banyak kendaraan berhenti karena lagi enak2nya parkir. Engg, bukan berarti ini ngrampas hak orang buat nyari duit yah. Tapi, liat aja tuh jalan2 yg dipinggirnya dipenuhi beraneka macam kendaraan yg lagi parkir. Harusnya badan jalan buat war-wernya kendaraan yg lewat, ehh malah dihalangi. Lebar jalan yg udah ciut pun makin ciut lagi. Yang harusnya bisa buat jalan dua mobil, ehh jadinya muat satu doank. 
  4. Gak cuman buat parkir aja, tapi juga fungsi trotoar yang berubah jadi "tempat makan". Sekali lagi, ini bukan berarti nglarang orang nyari duit. Sueerrr,, lhawong gue juga butuh kog :P. Tapi, liatlah tepi jalan lagi. Trotoar yg harusnya buat pejalan kaki, pengendara sepeda onthel, dan motor juga, tapi malah dipenuhi oleh jejeran tenda. Lagi2 berkuranglah lebar jalan, karena secara otomatis pejalan kaki, pengendara sepeda onthel, dan juga motor, mereka bakal lewat berdesakan di jalan utama. So, gimana inih solusinya? Protes salah, gak protes salah juga.
  5. Gue ngaku dehh, kadang gue juga yg salah, jadi pengendara yg gak tertib berlalu lintas :(. Gue suka nrobos lampu merah, ngebut sanasini, ngerem mendadak, mau belok gak nyalain lampu kedip, trus suka buang sampah sekaligus buang muka di jalan, nyari duit receh dijalan, pada bekelan dijalan. Hehehe,, gak dink. Gue tau hukum kog. Gue juga gak mau rugi hanya gara2 nglanggar aturan.
  6. Ehm,, pernah liat lampu rambu lalu lintas gak? Gue rasa udah ya :P. Kalo lampu rambunya mati, udah pernah liat belum? Ehm, rasanya gimana? Kalo gue sih, nyeseeeeeekk beneerrr. Lampunya idup aja banyak yg nglanggar apalagi mati :(. Makin semrawut tuh jalanan. Ditambah lagi pengendara yg gak bisa bawa kendaraannya dengan baik (read: ugal2an). Bukan cuma kejebak macet aja, tapi makin keplenet (kejepit). Kemungkinan lain adalah bisa menyebabkan tabrak sana tabrak sini.
  7. Makin bertambahnya volume kendaraan yg gak diimbangi sama makin bertambahnya lebar jalan. Ibarat usus yg secara terus menerus dijejali makanan. Jadinyaa... macet dibelakang. :P
  8. Ehm, "mobil mewah" boleh lewat duluan, yg lain kudu ngantri. Padahal kan hak pengguna jalannya SAMA.
  9. Dan lain-lain. Ntar kalo nemuin lagi penyebabnya, gue tambah. :D

Nah, gimana? Yaa, itu deh kira2 menurut gue penyebab2 macrett dijalan. MOga yee bisa jadi bahan renungan, buat gue, buat agan2, buat yg "bertanggungjawab", buat kita2lah selaku pengguna jalan (gak cuman pengendara aja lho :P).

Yukk ahh, bareng2 nyari solusinya biar kota kita tercintah ini gak jadi ketularan macet. Jangan malah saling nyalahin sana sini. Kalo dipikir2 sih yg terlibat semuanya salah. Trus lempar tanggungjawab ke sana sini juga. Kalo yg gunain kita, otomatis yg tanggungjawab juga kita (hal2 tertentu aja sih :P).

Cukup dulu dehh postingannya. MOga bermanfaat. Bye bye... ^_^


No comments:

Post a Comment

Ehm, komentarnya yg bijak yaa.. ^_^