ucapan

Selamat Datang di Blog Aprisa Ayu. Terimakasih Telah Membaca. Saranghaeyoooo... (^_*)

Sunday, November 11, 2012

Kapan Nikah? Kapan Punya Anak? Kapan Mati?

Kali ini gue bakal share catatannya Bang Tere Liye. Gue dapet dari fanspage-nya dia. Baca dulu gih, abis ntu baca komentar gue, trus bolehlah agan2 komentar juga. ^_^

*kekacauan paham

Siapa di sini yang sering sekali ditanya: "kapan menikah?"

Ada yang menerima pertanyaan ini dengan santai, nyengir, tertawa, "Belum dapat jodohnya." atau "Makanya cariin, dong.", Ada juga yang menerima pertanyaan ini sedikit formal, tersenyum tipis, mengangguk pelan, "Insya Allah segera." Ada juga yang jengkel sekali menerima pertanyaan ini. Bahkan dalam titik ekstrem, membuat malas berangkat kondangan, atau menghadiri acara keluarga--tempat di mana modus pertanyaan favorit ini sering muncul. Kenapa orang2 suka sekali bertanya: "kapan menikah?", "kapan nyusul?" Kenapa orang2 rese sekali pengin tahu? Kepo?



Siapa di sini yang sering ditanya: "kapan punya momongan?"

Ada yang menerima pertanyaan ini dengan santai, nyengir, atau tertawa. Ada yang biasa-biasa saja, formal. Dan hei, saya harus terus terang, ada juga yang sepulang dari acara tersebut, setelah menerima pertanyaan tersebut, setiba di rumah, langsung berurai air-mata. Tidak hanya marah, tapi mereka sedih. Bagi pasangan tertentu, belum memiliki anak adalah situasi yang berat. Di tanya mertua, di tanya tetangga, di tanya teman, tidak cukupkah pertanyaan itu? Banyak pasangan yg bertahun2 belum punya anak, jadi enggan sekali datang ke resepsi, acara keluarga, atau apa saja yang memiliki potensi munculnya pertanyaan itu dari tamu2 undangan lainnya.

Bukankah menikah, jodoh atau memiliki anak, kelahiran itu rahasia Tuhan? Tentu saja orang tidak bisa menjawabnya dengan persisi. Tapi kenapa orang2 masih saja menanyakannya?

Saya sering menyaksikan teman sendiri, kerabat, kenalan, yang sedih dan jengkel atas pertanyaan ini. Sayangnya, saya juga tidak tahu jawaban baik mengatasinya. Honestly, bagi saya pertanyaan2 itu biasa-biasa saja, tapi adalah fakta, banyak yang terganggu, bukan? Dan saya paham rasa terganggu itu.

Tanpa kesimpulan. Maafkan saya, catatan ini tanpa kesimpulan solusinya.

Tetapi, ijinkan saya menutup notes ini dengan hal simpel. Kalian pernah datang ke pemakaman? Pernah datang ke acara menguburkan kerabat, keluarga? Duhai, di acara tersebut, kenapa tidak ada seseorang yang tiba-tiba bertanya ke orang lain, "kapan nyusul yang mati?" Kenapa tidak ada yang sambil sumringah, mencoba memecah situasi dengan percakapan ringan, "hallo om, pak, ibu, kira-kira kapan nyusul masuk kuburan?"

Nyatanya tidak ada, bukan? Bukankah mati juga misteri Tuhan? Sama dengan jodoh, kelahiran? Ini benar2 kekacauan paham yg belum sy mengerti.



Nah, gimana?? Ada yg manggut2 (karena setuju), ada yg ngacungin jempol 5 (merasa ada yg dukung :D), ada yg geleng2 (gak sependapat mungkin), ada yg bilang "wow" (cueks bebeks :P), ada juga tuh yg langsung copas share di pesbuk ato blognya (pengen nunjukin ke semua orang). Hihihi...

Sebenernya kalo gue sih,, ditanya2 kayak gitu gak papah. Karena yg nanya itu kadang gak punya maksud jelek kog sama kita. Mereka cuma pengen tau aja sih ato cuma nanya2 iseng karena liat kita udah umurnya tapi masih begajulan aja kayak bocah. Mereka cuma khawatir aja kita lupa nikah. *lol
Nah, justru yg gue sebelin itu yg nanyanya gak tau tempat, misalnya nanyanya pas gue mbenerin gentheng, kan gak pas itu. Kalo gue kaget trus jatoh gimana coba? Trus, momennya juga lagi gak pas. Gue lagi enak2 maem, ehh ditanya gituan, keseleklah gue jadinya. Jadi gak enak maem kan kalo gitu. Trus, nanyanya gak liat gue lagi apa. Masak pas dijalan, gue dengan seriusnya lagi ngendarain motor, ehh ditanya gituan. Trus gue jadi gak konsen. Harusnya lampu merah gue berhenti, lupa dimana remnya, akhirnya jalan terus, hampir nabrak sana sini, akhirnya polantas ngejar gue. Lagian iseng amat nanyain gue waktu dijalan. *Cungguhh,, gue gak bisa kalo ditanyain terus. T_T

Bener kata Bang Tere,, Jodoh, rejeki, kelahiran dan kematian itu udah jadi RAHASIA Allah SWT.
Gak ada satu manusiapun yang tau, bahkan dapet bocoran dikit pun enggak lho. Karena apa, yang jadi rahasia Tuhan itu pastinya agar kita berusaha lebih baik lagi untuk persiapan hari H-nya. Toh, manusia hanya bisa berusaha dan minta yang terbaik dari Tuhan-nya. Setelah itu biarlah Tuhan sendiri yang ngebuka rahasia-nya untuk kita.

Dan untuk pertanyaan2 itu (khususnya bagi yg sering snewen kalo ditanyain gitu), gue cuma nyaranin,, cuekin ajalah. Toh, mereka bakal capek ndiri. Anggep aja mereka itu sayang 'en perhatian sama kita. :D Tapiii,, jangan lupa kita juga harus ngasih follow up buat pertanyaan yg mereka ajuin ke kita. Misal: "Kog cuman nanya? Cariin kek, bantuin kek! Kenapa? Gak bisa ngasih solusi ya? Bisanya cuma nyulut perkara doank. *esmosi!" Udah deh, bakal diem tuh mulut. Lagi, "Gak ingat ya, dulu situ juga diberondong pertanyaan gitu? Mentang2 sekarang udah punya status trus balesnya ke gue gitu? Gak bijak banget deh jadi manusia, lupa pernah 'sengsara' dengan jomblonya." :D

Ok, rada mainstream sih. Tapi,, perlu diingat juga kalo tidak semua hal bisa ditoleril. Ada hal2 dimana kita juga harus tegas sama penanya2 resek itu. Ada juga sih yg tanya gitu dipake buat becandaan. Asal tau aja ya, Tuhan gak pernah bercanda dengan takdirnya. Kalo mau becanda cari donk tema lain, yang gak masuk privasi orang. Mentang2 temen deket trus kayak gitu kelakuannya. Uhh,, jauh2 dehh. Kelaut aja deh lo! *sewot.

Sebagai penutupnya,, moga dengan postingan gue kali ini kita bisa saling intropeksi. Termasuk gue juga. Hihihi..
Udah ahh. Gue ngantuk. Besok gue ada apel pagi di beranda pesbuk gue. :P
Ok. See U kapan2... ^____^




No comments:

Post a Comment

Ehm, komentarnya yg bijak yaa.. ^_^