ucapan

Selamat Datang di Blog Aprisa Ayu. Terimakasih Telah Membaca. Saranghaeyoooo... (^_*)

Tuesday, July 24, 2012

Amalan Sederhana, Pahala Luar biasa


Assalamu’alaykum… (^_^)//

Mumpung masih awal Ramadhan, kali ini gue mau share tentang amalan-amalan sederhana di bulan Ramadhan. Nah, lima amalan sederhana ini apabila dilakuin secara RUTIN dan BENAR selama Ramadhan akan memiliki nilai besar, baik disisi Allah SWT, maupun disisi manusia. Karena apa, Allah lebih menyukai hal-hal yang dilakukan secara rutin daripada banyak tetapi hanya sesekali saja. Selain itu, dimata orang lain tentunya akan menilai kita jauh lebih sabar dan senang berbagi.

 
Perbanyak Senyum
Dengan senyum kita menebarkan kebahagiaan pada orang lain. Bayangin aja kalo kita cemberut dihadapan orang lain, tentu aja mereka bakal ilfil sama kita. Kecuali kalo kita murah senyum, mudah menyapa, dan ramah pasti siapa aja yang bergaul dengan kita akan merasa senang. Udah cakep, murah senyum lagi. Dijamin, pasti enteng jodoh (eh!). Selain itu, dengan senyum juga bisa mempererat tali silaturahmi. Siapa sih yg nggak pengen punya banyak relasi/kawan. Masak iya, mau koleksi musuh terus. Hehe.. Adalagi, dengan senyum akan buat wajah kita makin cerah. So, smiiiiiiiiile… don’t cryyyyy…

Rutin Sedekah
Ada hadist yg menyatakan, pahala sedekah itu bagai bulir padi lho, satu bulirnya akan tumbuh menjadi tujuh tangkai. Sekali lagi, tujuh tangkai. Nah, bisa ngebayangin nggak tuh kalo kita sedekah uang gopek sehari. Eitss, tapi nggak perlu dihitung. Itu bukan urusan kita. Niat Lillahi ta’ala. Biarkan Allah yang menggantikannya. Nah, kerennya lagi, pahala sedekah itu bakal dibalas langsung oleh Allah SWT lho. Baik secara material atau keselamatan. Makanya, banyak motivator2 yg nganjurin kita buat banyak2 sedekah. Karena emang dasyat banget pengaruhnya. Banyak juga sih kisah2 orang yang sukses hanya gara2 sedekah. Keren nggak tuh.
Sedekah nggak harus pake nominal. Ada juga sedekah dengan cara lain, misal: kita berdzikir pada Allah, berkata baik, mengajak pada kebaikan, mencegah kemungkaran, mencukupkan diri dengan yg halal, dan memberi senyum pada sodaranya.

Memberikan takjil untuk yang berpuasa
Kebetulan nih, kalo Masjid deket rumah slalu ngasih jatah, maksudnya ada jadwalnya ngasih takjil buat anak2 TPA. Itu bisa jadi kesempatan. Kalo ditempat kalian beda, mungkin dengan cara lain. Misal: bikin acara buka bersama gitu. Bolehlah buat temen2 atau keluarga besar, tapi lebih diutamakan bagi orang2 yg tidak mampu, musafir, atau anak2. Ngasihnya pun semampunya kita, nggak perlu muluk2 se-Indonesia dibagiin semua. Yang penting niat kita berbagi untuk sesama, Lillahi ta’ala. Nah, pahalanya juga nggak kecil, kita akan mendapatkan nilai kebaikan sama seperti orang yang berpuasa.

Mendengarkan Ceramah
Udah puasa seharian nggak lengkap kalo nggak sholat teraweh, tentunya aja yg wajib nggak boleh ketinggalan. Nah, dalam teraweh pasti ada khotbah ato ceramahnya kan? Hayow, siapa nie yg kabur pas ceramah? Itu juga ada pahalanya lho. Karena setiap ceramah pasti ngutip kandungan dalam Al-Qur’an. Dengarkan, resapi dalam pikiran kita, itulah nilai kebaikannya. Apalagi kalo diamalkan. Wuihh, tambah besar lagi tuh pahala kita. Pernah dengarkan hadist, “Sampaikanlah walau hanya satu ayat.”
Trus, kalo kita lagi nggak sholat teraweh gimana sob? Apalagi buat yg cewek nie. Gampang sob, tau acaranya Yusuf Mansyur di Antv, Mamah Dede di Indosiar, Ustadz Maulana di Trans TV, dll. Belum lagi di radio2 dan media lainnya. Kita kan bukan anak TeKa lagi kan, cari dunk. Mehehe…

Menyegerakan berbuka puasa
Nah, yang ini nie yang gue demen. Dari jauh bedug udah kedengeran, langsung capcus nyamber gelas. Eitss, jangan lupa do’anya. Tapi, perhatiin bener2 lho, itu adzan maghrib apa bukan. Jangan2 masih ashar. Hahaha, parah banget. Ato, ketiduran tau2 udah isya’. Duh, nggak keren ahh..
Menyegerakan berbuka puasa itu termasuk sunnah. Tidak menunda-nunda buka puasa juga berpahala. Mudah banget kan.

Itu tadi lima amalan sederhana, mudah, dan murah tapi mempunyai pahala berlipat. Sebenarnya masih banyak lagi yang belum tertulis, tapi itu tugas kita nyari. Hehe.. Gue juga lagi kerja keras nie, biar afdol puasanya.
Yukk, mumpung diskon pahala didepan mata, mumpung pintu surga dibuka selebar-lebarnya, mumpung masih ada waktu, mumpung masih muda dan cakep (euu…), mumpung banyak rejeki ato lagi kanker, mumpung kita masih diberi banyak kemudahan meskipun masalah terkadang juga mampir, jangan sia-siain kesempatan ini. Cuma setahun sekali lho. Let’s get to be a better person (bener nggak nie?). Menjadi orang yg bermanfaat bagi siapapun, juga bagi diri sendiri tentunya.

Selamat mencobaa….!!!

3 comments:

  1. ay,blog mu kok upik men neh...ajari nempel foto diblog dong dr kemarin aku g berhasil2.

    ReplyDelete
  2. mau dong bikin blog ky km blog msh polosan kie, ajari ay...

    ReplyDelete
  3. ehm, fotonya dipotong2 trus dtempel pake lem end, haha

    ReplyDelete

Ehm, komentarnya yg bijak yaa.. ^_^